MONTHLY PERHAPI WORKSHOP

Kupas Tuntas PERMEN ESDM No. 34 /2017 tentang perizinan di bidang Pertambangan Mineral dan Batubara

Workshop ini bertujuan memberikan Sosilasisasi Semangat yang dibawa oleh Permen ESDM 34/2017 adalah dalam rangka perbaikan pelayanan perizinan pengelolaan pertambangan agar lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah. Penyederhanaan dilakukan tidak hanya melalui penggabungan izin, pengurangan persyaratan dan penghapusan izin, namun juga pengurangan waktu dan efisiensi proses birokrasi.

Untuk membaca lebih lengkap laporan ini, silahkan download di sini

 

MONTHLY PERHAPI WORKSHOP

A Journey to Pro-Active Maintenance

Monthly PERHAPI Workshop adalah agenda rutin dari PERHAPI Kutai Timur dibawah divisi Working Group Discussion (WGD) sebagai sarana tukar menukar informasi baik berupa ilmu atau tehnologi terapan ataupun kebijakan.
Pada Edisi bulan Maret tepatnya pada tanggal 23 Maret  2018 Pukul 16.30 – 18.00 WITA bertempat di Gedung M4 mengambil tema “A Journey to Pro-Active Maintenance”.
Workshop ini bertujuan memberikan pemahaman tentang proses perbaikan dari unit operational tambang. Selama ini paradigma yang ada bahwa unit rusak yang diperbaiki, dan pada masa breakdown tersebut unit tidak produktif. Dengan adanya sesi presentasi terkait maintenanace unit ini, team operational juga mempunya gambaran dan pemahaman yang sama bahwa adakalanya factor dari operasional juga dapat memicu kerusakan yang lebih parah seperti menunda-nunda waktu/jadwal untuk service.

Untuk membaca lebih lengkap laporan ini, silahkan download di sini

 

TEMU PROFESI TAHUNAN PERHAPI XXVI 2017

Kelanjutan dari Paper Contest yang diselenggarakan internal PT KPC yang dilaksanakan PERHAPI KUTIM mengirimkan 6 contenstant ke Balikpapan untuk mengikuti TPT XXVI 2017.
Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 17 Oktober – 19 Oktober 2017 yang juga dihadiri oleh Gubernur Propinsi Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak , Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif sebagai pembicara diantara 6 pembicara yang diundang .
Pada hari pertama dibuka dengan Seminar Nasional dengan tema“Keberpihakan Pemangku Kepentingan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Mineral dan Batubara Di Indonesia”. Rapat umum anggota tahunan juga dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan TPT ke XXVI ini.


Pemaparan makalah-makalah dilaksanakan pada hari kedua yang dibagi menjadi 6 ruang

    1. Perencanaan dan Operasi Tambang .
    2. Perencanaan dan Operasi Tambang/K3 dan Lingkunan Tambang
    3. K3 dan Lingkungan Tambang
    4. Geoteknik dan Hidologi Tambang
    5. Sumberdaya Manusu/Eksplorasi Tambang
    6. Pengelolaan dan Permurnian Bahan Galian, Ekonomi Mineral dan Batubara, Logistik dan Rantai Suplai, CSR

Rangkaian kegiatan TPT XXVI 2017 diakhiri dengan presentasi dari Dassault Systemes Indonesia sebagai sponsor utama dan presentasi dari PT. Indo Tambangraya Megah  “Coal Conservaion by Auger Mining”.

 

PERHAPI KUTIM PAPER CONTEST 2017

Salah satu program dari divisi Working Group PERHAPI KUTIM adalah mengadakan "PERHAPI KUTIM PAPER CONTEST 2017" sebagai salah program untuk menggairahkan kembali semangat membuat tulisan bagi anggota perhapi dan praktisi tambang dilingkungan perhapi Kutim. Kegiatan ini disinergikan dengan pelaksanaan TPT XXVI PERHAPI 2017 di Balikpapan sehingga pemenang dari "PERHAPI KUTIM PAPER CONTEST 2017" mendapat kesempatan untuk mempresentasikan karya tulisnya dalam event TPT ini. Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pengiriman flyer "PERHAPI CALL OF PAPER 2017" untuk menghimpun para peserta untuk segera mengirimkan abstrak makalahnya. Alhamdulilah terdaftar 22 judul karya tulis yang masuk, kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi bertingkat Tahap 1, tahap 2, tahap 3, tahap 4 & tahap final sehingga didapat 6 karya tulis yang melaksanakan tahap final presentasi dan berhak untuk dipresentasikan di TPT XXVI 2017 BALIKPAPAN, yaitu:

    1. Yan Provinta Laksana "Potensi Penggunaan Fly Ash Sebagai Subsitusi Bed Material Dalam Bubble Fluidized Bed (BFB) Boiler KPC 3x18 MW".
    2. Ibadi Zafatirsa "Implementasi Sederhana "Knowledge Management" Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Skill Operator Alat Berat"
    3. Yogi Iramas Pratama "Konfigurasi Kolam Pengendapan Asparaga Untuk Meningkatkan Pengelolaan Kuantitas dan Kualitas Air"
    4. Denny Reizki Pratama "Tinggi Ayam Harus Sama" CSR, Pembangunan Berkelanjutan Dan Keberpihakan Melalui Pendekatan Etnografis"
    5. Bunga Ajeng Puspita Utami "70:20:10: Make Learning A Part of Your Professional Development"
    6. Zohar Saputra "NAG Test Implementation to PAF Waste by Model"

 

Silaturahmi PERHAPI dengan Dewan Pembina dan Pemerintah Kab.Kutai Timur

Kegiatan Perhapi kali ini adalah kunjungan silaturahmi pengurus PERHAPI Kutim masa bakti 2017-2020 ke Rumah Dinas Wakil Bupati Kutai Timur, yaitu Bapak Kasmidi Bulang yang juga selaku Dewan Pembina PERHAPI Kutim beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat 11 Agustus 2017 ini selain bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, juga penjelasan organisasi serta program kerja PERHAPI Kutim masa bakti 2017-2020 kepada Dewan Pembina beserta Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

 

Serah Terima Amanah dan Pelantikan Ketua PERHAPI Kutim 2017-2020

Acara yang diselenggarakan di Sangatta Kutai Timur pada 20 Mei 2017 ini merupakan Serah Terima Amanah dan Pelantikan dari Ketua PERHAPI Kutim masa bakti 2014-2017 yaitu Mardiono Didik kepada Seno Alfi Syahrin selaku Ketua PERHAPI Kutim masa bakti 2017-2020.

 

Program dan strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Menunjang Operasional KPC

CSR

Tanggung Jawab Sosial Korporasi / Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program pengembangan masyarakat (community development),kinimenjadi perhatian berbagai pihak, karena dianggap dapat menjadi jawaban bagi perusahaan (khususnya industri pertambangan) dalam menghadapi isu kepedulian terhadap kondisi sekitarnya.
Dengan pengertian di atas tentang konsep CSR, pengembangan model CSR mengalami pergeseran dari dari perspektif share holder ke perspektif stake holder, artinya kehadiran perusahaan harus dilihat dari dan untuk mereka yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan, dalam hal ini tidak hanya pemilik bisnis saja akan tetapi diperluas dalam kelompok yang lebih lebar. Namun demikian tentunya tingkat kepentingan setiap stake holder akan berbeda, mulai dari karyawan, pembeli, pemilik, pemasok, dan komunitas lokal, aktivis, pemerintah, sampai dengan media yang secara tidak langsung berhubungan dengan perusahaan.

Untuk membaca lebih lengkap laporan ini, silahkan download di sini

 

"KNOWLEDGE SHARING"

PERENCANAAN DAN OPERASIONAL TAMBANG BATUBARA

Salah satu program dari divisi Working Group PERHAPI KUTIM adalah mengadakan Knowledge Sharing untuk mahasiswa/siswa dalam rangka pengenalan proses penambangan batubara dari hulu sampai ke hilir. Program ini dilaksanakan karena setiap tahunnya mahasiswa/siswa selalu dating ke KPC dalam rangka tugas akhir atau kerja praktek. Dalam hal ini PERHAPI Kutim merasa perlu memberikan gambaran opersaional tambang batubara untuk menjadi bekal bagi siswa/mahasiswa yang dalam pelaksanaan tugas akhir/Kerja praktek.

Untuk membaca lebih lengkap laporan ini, silahkan download di sini

 

LAPORAN PELAKSANAAN SEMINAR KEINSINYURAN

Salah satu program dari divisi Working Group PERHAPI KUTIM adalah mengadakan seminar/workshop setiap 3 bulan yang menghadirkan pembicara dari luar dan mengambil tema yang sedang hangat saat ini. Pada Edisi bulan November 2015 (Q3 2015) ini mengambil tema Kupas Tuntas: UU No.11 Tahun 2014 Tentang Ke Insinyuran. Materi ini sedang hangat dibicarakan, karena tentunya akan berimbas bagi praktisi Industri pertambangan, karena semua aktifitas perencanaan maupun eksekusi pertambangan melibatkan para orang-orang yang dalam undang-undang ini disebut sebagai Insinyur.

Untuk membaca lebih lengkap laporan ini, silahkan download di sini

Guna meningkatkan peran dan profesionalisme Insinyur Indonesia sebagai pelaku professional yang andal, bermutu dan berdaya saing tinggi dalam pembangunan nasional melalui peningkatan nilai tambah kekayaan tanah air dengan menguasai dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta membangun kemandirian, dengan Bangga PERHAPI KUTIM akan mengadakan Seminar dengan tema " Kupas Tuntas : Kebijakan dan Implementasi UU No. 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran"

 

Kunjungan PERHAPI ke COAL PROCESSING AND HANDLING DIVISION PT. KALTIM PRIMA COAL

Kegiatan Perhapi Tour ini dilaksanakan 1 hari penuh dengan melakukan serangkaian kunjungan Perhapi Kutim ke Coal Processing and Handling PT. KPC. Kunjungan ini dibagi dalam dua sesi yaitu: Kunjungan ke Coal Processing Plant Sangata serta kunjungan ke Coal Terminal Tanjung Bara. Kunjungan ini difokuskan untuk melihat secara langsung kegiatan operasional pengolahan dan penanganan batubara mulai dari processing plant sampai dengan coal terminal dan proses pengapalan batubara dengan ship loader.

Untuk membaca lebih lengkap laporan kunjungan ini, silahkan download di sini

 

OUTBOUND PENGURUS PERHAPI KUTAI TIMUR

Outbound pengurus PERHAPI Kutai Timur periode 2014-2017 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 Februari 2016 bertempat di Balai Pertemuan Tanjung Bara, Sangatta. Kegiatan Outbound ini dilaksanakan mulai pukul 08:00 – 14:00 WITA dengan melakukan serangkaian aktifitas permainan dan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) Analysis terhadap organisasi PERHAPI Kutai Timur.

Untuk membaca lebih lengkapi, silahkan download di sini

 

Kunjungan PERHAPI ke Kampung Budaya Matirowali

Persatuan Ahli Pertambangan (PERHAPI) perwakilan Kutai Timur mengirimkan 11 delegasi dalam rangka melihat potensi pengembangan yang bisa dilakukan PERHAPI di Kampung Budaya Matirowali, Bengalon (13/10/2015). Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari tujuan/misi divisi external "Meningkatkan peran PERHAPI Kutim di lingkungan akademis dan masyarakat". Kampung Matirowali merupakan kampung budaya yang dibangun KPC untuk warga segading. Pembangunan ini merupakan bagian dari program CSR KPC.

Untuk membaca lebih lengkap laporan kunjungan ini, silahkan download di sini

 

SEMINAR PERHAPI DI UNMUL

“Estimasi Cadangan dan Potret Bisnis Penambangan Batubara di KalTim”

Pada tanggal 1 Oktober 2015, PERHAPI Kutim diundang oleh Himpunan Mahasiswa S1 Teknik Pertambangan UNMUL sebagai pembicara dalam acara seminar Mining Student Week II dengan tema seminar “Estimasi Cadangan dan Potret Bisnis Penambangan Batubara di KalTim” dengan peserta seminar sebanyak  ±130 peserta terdiri dari Mahasiswa  Mahasiswi , Dosen Teknik Pertambangan Unmul, Siswa Siswi, dan beberapa guru dari SMK Pertambangan KalTim. Dalam acara ini PERHAPI Kutim mengirimkan 3 (tiga) perwakilan sebagai pembicara diantaranya Hari Kurniawan (Estimasi Cadangan Batubara), Dwi Nur Ihsan ( Open Pit Design), dan Indra Kadir (Perhitungan Coal Reserve dengan model geologi & desain tambang hasil dari Pit Optimizer). Antusias peserta seminar sangat besar dalam acara ini dilihat dari sesi tanya jawab dengan memberikan banyak pertanyaan kepada pembicara seputar tema seminar. Dengan adanya seminar ini PERHAPI KUTIM berperan memberikan pengetahuan mengenai Estimasi Cadangan Batubara, Open Pit Design, dan Perhitungan Coal Reserve kepada Mahasiswa Mahasiswi Teknik Pertambangan Unmul dan Siswa Siswi SMK Pertambangan KalTim.

 

Monthly PERHAPI Workshop Agustus 2015
"BLASTING TECHNOLOGY: DELIVERY ECONOMIC VALUE AND IMPROVING SAFETY IN MINING" 

Pada Edisi bulan Agustus 2015 ini mengambil tema Blasting Technology : Delivery Economic Value & Improving Safety In Mining diselenggarakan Pada tanggal 28 Agustus 2015 Pukul 16.00 – 18.00 WITA bertempat di Gedung M4. Materi Blasting Technology yang disampaikan disini adalah bagaimana inovasi yang dilakukan oleh blasting service company (orica) menghadapi berbagai issue dunia pertambangan seperti : Tekanan harga, bentuk cadangan, produktifitas alat, unit cost, Produktifitas tambang, community & issue regulasi.

Untuk membaca lebih lengkap laporan workshop ini, silahkan download di sini

 

One Day Workshop 

Pada tanggal 12 April 2015 Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) wilayah Kutai Timur mengadakan one day workshop yang bertempat di Hotel Victoria sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Mengusung tema Strategic Management in Mining Operation, kegiatan ini menghadirkan pembicara Agus Dwi, Engineering Division Head PAMA Jakarta dan Hendrawan, General Manager Business and Performance Improvement (GM BPID) PT Kaltim Prima Coal (KPC). Agus Dwi Mengatakan ongkos Produksi terbesar PAMA selama ini adalah pemakaian bahan bakar dan peralatan tambang seperti Dump Truck, Shovel dan peralatan lainnya. Untuk menurunkan biaya dari dua komponen tersebut maka dilakukanlah berbagai inovasi yang melibatkan seluruh karyawan. "yang pertama sekali adalah adanya kepedulian seluruh karyawan bahwa kondisi perusahaan sedang menurun. Semua orang care dengan situasi itu dan berusaha mencari inovasi. Seluruh karyawan terlibat, satu orang karyawan membawa dua ide perubahanuntuk dibagikan kepada sesamanya" kata Agus Senada dengan pembicara dari PT KPC Hendrawan mengatakan, inovasi penghematan biaya produksi telah dilakukan saat ini tren harga batubara mulai menurun, sementara harga minyak dan komponen biaya lainnya terus naik. "di KPC ada divisi Business dan Performance Improvement, dengan tugas utama meningkatkan produktifitas alat dan karyawan serta menurunkan biaya operasional tambang, improvement dilakukan terhadap peralatan tambang dan perubahan budaya kerja karyawan,: ungkap Hendrawan. Sampai saat ini program improvement di KPC telah berkembang dan menyentuh seluruh aspek kehidupan perusahaan sehingga berhasil menghemat biaya produksi tambang.

 

Road Show to Buma 

PT. Bukit Makmur (BUMA), Bengalon Coal Project. Persatuan Ahli Pertambangan (PERHAPI) perwakilan Kutai Timur mengirimkan 5 delegasi dalam rangka roadshow PERHAPI ke PT. Bukit Makmur (25/03/2015) sebagai bagian dari program kerja divisi external yaitu sosialisasi PERHAPI ke perusahaan dan kontraktor pertambangan. Dalam kegiatan yang diadakan di Ruang Meeting PT. Bukit Makmur (BUMA) (25/03/2015) tersebut setidaknya dihadiri oleh sebelas perwakilan PT. Bukit Makmur (BUMA). Delegasi PERHAPI perwakilan Kutai Timur diterima dengan baik oleh perwakilan PT. Bukit Makmur yang diwakili oleh Aviadi Herupurnomo (Project Manager PT. BUMA) dan Wella Sukamto (Manager Engineering PT. BUMA). Dalam kesempatan tersebut PERHAPI perwakilan Kutai Timur didaulat untuk memberikan sosialisasi PERHAPI ke perusahaan dan kontraktor pertambangan. Dalam kesempatan tersebut tampil sebagai pembicara adalah Ketua Eksternal PERHAPI Kutim, Harry Christanto. Dalam presentasi Harry memaparkan visi dan misi, susunan pengurus periode 2014-2017, gambaran umum program kerja divisi Internal, Eksternal, Working Group, dan Kesekretariatan PERHAPI Kutai Timur. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh PERHAPI Kutai Timur juga disampaikan termasuk kegiatan workshop bulanan yang rutin dilaksanakan dan bakti sosial dan mengajak PT. Bukit Makmur sebagai salah satu perusahaan pertambangan di Kutai Timur untuk ikut dan berperan aktif dalam PERHAPI Kutai Timur sebagai organisasi professional dan kompeten untuk membangun dunia pertambangan di Kutai Timur dan Indonesia yang mengutamakan prinsip-prinsip "Good Mining Practice". Respon dan antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh perwakilan PT. Bukit Makmur (BUMA) setelah Ketua Eksternal PERHAPI selesai menyampaikan presentasi sosialisasi PERHAPI yang ditunjukkan oleh banyaknya pertanyaan dan diskusi yang diajukan kepada delegasi PERHAPI Kutai Timur terutama terkait pendaftaran keanggotaan PERHAPI. Lebih lanjut Ketua Eksternal PERHAPI menyampaikan banyak keuntungan yang akan didapat jika ikut dan berperan aktif dalam PERHAPI Kutai Timur, tidak hanya keuntungan bagi individu untuk mengembangkan kompetensi dan kualitas sebagai professional namun bagi perusahaan terutama dalam menghadapi persaingan global Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akhir 2015 nantinya. Menutup presentasi sosialisasi PERHAPI, Harry menyatakan aktivitas roadshow untuk sosialisasi PERHAPI ke perusahaan dan kontraktor pertambangan lainnya di Kutai Timur sebagai bagian dari program kerja divisi external akan terus dilanjutkan kembali dan mengajak perusahaan dan kontraktor pertambangan lainnya ikut dan berperan aktif dalam PERHAPI Kutai Timur sebagai organisasi professional dan kompeten untuk membangun dunia pertambangan di Kutai Timur yang mengutamakan prinsip-prinsip "Good Mining Practice". Foto1. Ketua Eksternal dan delegasi PERHAPI Kutim saat memberikan sosialisasi PERHAPI, Ruang Meeting PT. Buma, Bengalon.

 

Seminar Nasional

Acara seminar nasional ini diadakan di Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM), Banjar Baru, Kalimantan Selatan, 11 Mei 2015 adalah seminar yang diadakan sebagai rangkaian acara utama sekaligus pembukaan kegiatan Kalimantan Student Mining Competition (KSMC) III yang merupakan kegiatan kompetisi antara mahasiswa jurusan teknik pertambangan di perguruan tinggi yang berada di pulau Kalimantan. Tema yang di yang di usung dalam seminar nasional ini adalah "Inovasi dan Aplikasi Teknologi Pertambangan untuk Negeri". Seminar nasional di selenggarakan oleh panitia KSMC yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat, Banjar Baru, serta didukung oleh civitas akademika Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik UNLAM, serta di sponsori oleh beberapa perusahaan dan mining contractor yang terdapat di Kalimantan Selatan.

 

Serah Terima Jabatan

Pengurus Daerah Perhapi Kutai Timur periode 2014 – 2017 telah menyusun beberapa program kerja di masing-masing divisi untuk mendukung tercapainya visi dan misi organisasi. Keseluruhan Rencana Program Kerja terlampir telah disepakati bersama oleh Dewan Pembina dan Pengurus Daerah Perhapi Kutai Timur periode 2014 – 2017 dalam Rapat Koordinasi Perhapi Kutai Timur 2015 yang diselenggarakan pada 15 November 2014 bertempat di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kutai Timur.

 

Rapat Koordinasi Tahunan

Pengurus Daerah Perhapi Kutai Timur periode 2014 – 2017 telah menyusun beberapa program kerja di masing-masing divisi untuk mendukung tercapainya visi dan misi organisasi. Keseluruhan Rencana Program Kerja terlampir telah disepakati bersama oleh Dewan Pembina dan Pengurus Daerah Perhapi Kutai Timur periode 2014 – 2017 dalam Rapat Koordinasi Perhapi Kutai Timur 2015 yang diselenggarakan pada 15 November 2014 bertempat di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kutai Timur.

 

Monthly PERHAPI Workshop Mei 2015
"PERMEN ESDM No.38/2014 : Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan MINERBA"

Monthly PERHAPI Workshop adalah agenda rutin dari PERHAPI Kutai Timur dibawah divisi Working Group Discussion (WGD) sebagai sarana tukar menukar informasi baik berupa ilmu atau tehnologi terapan ataupun kebijakan. Pada Edisi bulan May 2015 ini mengambil tema tentang keselamatan kerja dan seiring dengan sosialisasi Peraturan Menteri ESDM No.38/2014 tentang System Managemen Keselamatan Pertambangan Minerba yang sebelumnya kita kenal dengan istilah K3. Sosilasisasi ini juga bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi calon perserta uji kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi bagi karyawan karena berbagai mata uji tentang kebijakan keselamatan sudah mencantumkan istilah dan beberapa point dari Permen ESDM No. 38/2014 ini.

 

Monthly PERHAPI Workshop Juni 2015
"Improvement : Mengapa Selalu Diperlukan"

Monthly PERHAPI Workshop adalah agenda rutin dari PERHAPI Kutai Timur dibawah divisi Working Group Discussion (WGD) sebagai sarana tukar menukar informasi baik berupa ilmu atau tehnologi terapan ataupun kebijakan. Pada Edisi bulan Juni 2015 ini mengambil tema Improvement : Mengapa Selalu Diperlukan. Materi Improvement yang disampaikan disini adalah esensi dari improvement itu sendiri yang merupakan dasar dan kebutuhan manusia. Mengambil satu ugkapan yang popular: "Tidak ada yang abadi didunia kecuali Perubahan".

 

 

 

About Us

PERHAPI KUTIM berdiri tahun... .
more..


Good Mining Pratice